Jumat, 29 Juni 2012

POHON JAMBU AIR (BERDASARKAN FUNGSI)


1.      POHON JAMBU AIR   (Syzygium aqueum)
a.       Fhoto 


b.      Sistematika
Kerajaan:
Divisi:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
S. aqueum

c.       Habitus
d.      Akar
e.       Batang
Jambu air umumnya berupa perdu, dengan tinggi 3-10 m. Sering dengan batang bengkak-bengkok dan bercabang mulai dari pangkal pohon, kadang-kadang gemangnya mencapai 50 cm
f.       Daun
Daun tunggal terletak berhadapan, bertangkai 0,5-1,5 cm. Helaian daun berbentuk jantung jorong sampai bundar telur terbalik lonjong, 7-25 x 2,5-16 cm,tidak atau sedikit berbau aromatis apabila diremas
g.      Bunga
Karangan bunga dalam malai di ujung ranting (terminal) atau muncul di ketiak daun yang telah gugur (aksial), berisi 3-7 kuntum. Bunga kuning keputihan, dengan tabung kelopak lk. 1 cm panjangnya; daun mahkota bundar sampai menyegitiga, 5-7 mm; benang sari antara 0,75-2 cm dan tangkai putik yang mencapai 17 mm.
h.      Buah
Buah bertipe buah buni, berbentuk gasing dengan pangkal kecil dan ujung yang sangat melebar (sering dengan lekukan sisi yang memisahkan antara bagian pangkal dengan ujung); 1,5-2 x 2,5-3,5 cm; bermahkota kelopak yang berdaging dan melengkung; sisi luar berwarna putih sampai merah. Daging buah putih, banyak berair, hampir tidak beraroma; berasa asam atau asam manis, kadang-kadang agak sepat.
i.        Biji
Biji jambu biji berbentuk kecil dan berkisaran 1 sampai 6 biji disetiap buahnya
j.        Manfaat
Semuanya pasti sudah tahu buah jambu air. Jambu air pada umumnya di tanam di pekarangan rumah. Selain berfungsi sebagai penyedap pemandangan juga bisa dibuat untuk tempat istirahat dan penyejuk udara. Itu baru manfaat dari pohonnya, belum daun dan buahnya. Buah jambu air dikenal punya banyak manfaat untuk tubuh kita. Mulai dari kecantikan sampai kesehatan. keunggulan utama jambu air adalah kandungan airnya yang sangat tinggi yaitu mencapai 93 gram per 100 gram. Itulah sebabnya ketika kita mengkonsumsi jambu air akan terasa kesegarannya, yang bersifat mengdinginkan. Kita dianjurkan mengkonsumsi cairan sebanyak 2-3 liter perhari. Cairan sangat penting untuk membersihkan ginjal dari asam urine dan urea. Kedua kotoran tubuh ini harus dilarutkan dalam air terlebih dulu sebelum dibuang bersama air tersebut. Bila di dalam ginjal tidak tersedia cukup air, kotoran tubuh tersebut tidak dapat dikeluarkan dengan lancar. Akibatnya kotoran dapat membentuk batu ginjal. Juga vitamin C yang terkandung dalam jambu air berfungsi sebagai antioksidan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan sel, meningkatkan asupan zat besi dan memperbaiki mutu sperma dengan cara mencegah radikal bebas yang bisa merusak pembungkus sperma. Selain bermanfaat untuk kesehatan, jambu air juga dipercaya dapat mempercantik kulit. Potensi tersebut cukup besar, mengingat jambu air kaya akan antioksidan seperti vitamin C dan vitamin A. dalam 100 gram jambu air terdapat vitamin C hampir setara dengan jeruk mandarin yaitu sekitar 22 mg per 100 gram buah. Kandungan vitamin A-nya juga cukup tinggi, meskipun tidak setinggi jeruk mandarin tetapi jauh lebih tinggi daripada apel. Angka kecukupan gizi vitamin A pada usia 0-9 tahun berkisar antara 3.000 – 4.000 SI, sedangkan ketika menginjak dewasa meningkat menjadi 5.000 – 7.000 SI. Ketika sedang hamil, seorang ibu membutuhkan tambahan asupan vitamin A sebesar 3.500 SI. Dengan demikian, mengkonsumsi minimal 1 kg jambu air setiap hari dapat membantu asupan vitamin A dalam tubuh ibu.
§     Kandungan air yang cukup banyak daripada dagingnya mampu membantu tubuh dari kekurangan cairan. Cairan ini ternyata berguna untuk membersihkan ginjal dari urea dan asam urine. Sebelum dibuang bersama air, kedua kotoran tersebut harus dilarutkan terlebih dahulu dengan air itu. Kalo ginjal kekurangan air maka kotoran yang dikeluarkan tubuh menjadi tidak lancar hingga akhirnya menjadi batu ginjal.
§     Kandungan Vitamin A buah jambu air lumayan banyak untuk meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan mata dan menambah kinerja sel darah putih. Menurut informasi kesehatan yang beredar kekurangan vitamin A banyak di idap oleh penderita HIV.
§     Buah Jambu air mempunyai kandungan Vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan yang bertugas memperbaiki sel tubuh yang rusak seperti kulit. Untuk masalah perawatan kecantikan, vitamin c ini mempunyai peranan penting untuk melancarkan peredaran darah. Kalo kebutuhan tubuh akan vitamin C tercukupi, kulit akan terlihat lebih segar. Vitamin C bisa merangsang tumbuhnya kolagen kulit dan menjaganya.
§     Kandungan serat buah jambu air ini lumayan tinggi loh dan kandungan mineral nya sangat banyak. Dari asam sulfuric, asam sitrat, protein, mangan, besi, magnesium, tembaga, magnesium, kalsium, kalium, seng dan fosfor.
k.      Deskripsi
Jambu air adalah tumbuhan dalam suku jambu-jambuan atau Myrtaceae yang berasal dari Asia Tenggara. Jambu air sebetulnya berbeda dengan jambu semarang (Syzygium samarangense), kerabat dekatnya yang memiliki pohon dan buah hampir serupa. Beberapa kultivarnya bahkan sukar dibedakan, sehingga kedua-duanya kerap dinamai dengan nama umum jambu air atau jambu saja.
Umumnya bagian-bagian tumbuhan jambu air berukuran lebih kecil dan kurang berbau aromatis apabila dibandingkan dengan jambu semarang. Perhatikan uraian bagian-bagian yang ditulis miring, terutama bunga dan buahnya.
Jambu air umumnya berupa perdu, dengan tinggi 3-10 m. Sering dengan batang bengkak-bengkok dan bercabang mulai dari pangkal pohon, kadang-kadang gemangnya mencapai 50 cm.
Daun tunggal terletak berhadapan, bertangkai 0,5-1,5 cm. Helaian daun berbentuk jantung jorong sampai bundar telur terbalik lonjong, 7-25 x 2,5-16 cm,tidak atau sedikit berbau aromatis apabila diremas.
Karangan bunga dalam malai di ujung ranting (terminal) atau muncul di ketiak daun yang telah gugur (aksial), berisi 3-7 kuntum. Bunga kuning keputihan, dengan tabung kelopak lk. 1 cm panjangnya; daun mahkota bundar sampai menyegitiga, 5-7 mm; benang sari antara 0,75-2 cm dan tangkai putik yang mencapai 17 mm.
Buah bertipe buah buni, berbentuk gasing dengan pangkal kecil dan ujung yang sangat melebar (sering dengan lekukan sisi yang memisahkan antara bagian pangkal dengan ujung); 1,5-2 x 2,5-3,5 cm; bermahkota kelopak yang berdaging dan melengkung; sisi luar berwarna putih sampai merah. Daging buah putih, banyak berair, hampir tidak beraroma; berasa asam atau asam manis, kadang-kadang agak sepat. Biji berukuran kecil, 1-2(-6) butir
l.        Lokasi
Tumbuhan ini biasa nya terdapat di pinggiran jalan ataupun di pekarangan rumah
m.    Tempat
Pohon jambu air ini terdapat di sebelah kanan kantor rekotorat UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG


1 komentar:

archduke rafika mengatakan...

YG KEDUA UDAH JUGA

Poskan Komentar