Senin, 04 Juni 2012

Daftar Rapper yang Masuk Islma


 Rapper merupakan sebutan untuk penyanyi rap. Rap sendiri termasuk dalam unsur musik hip hop. Ciri khas aliran musik ini adalah lirik yang ringan dengan kata-katanya Rhyming seperti puisi. Umumnya rapper berkulit hitam, musik ini berkembang di daerah pinggiran Amerika Serikat. Ada juga rapper berkulit putih seperti Eminem, Everlast, Vicenzo Luvineri dll. Di Indonesia jenis musik ini mencapai masa keemasannya di zaman rapper Iwa K. Lagu-lagu Iwa K seperti Bebas dan Batman Kasarung digandrungi oleh anak muda. Beberapa rapper Indonesia lainnya seperyi Saykoji dan T-five.  Salah satu kelebihan musik ini adalah bisa menyatu dengan aliran musik yang lain seperti ketika Haddad Alwi memasukkan unsur rap dalam hitsnya berjudul “Rindu Muhammad Ku”

Ada fenomena “kecil” yang menarik  terjadi dalam kehidupan rohani para rapper ini, yaitu banyak rapper yang memilih masuk Islam. Bisa jadi karena musik ini akrab di kalangan kulit hitam Amerika dimana agama Islam dianggap sebagai agama nenek moyang mereka dulu sebelum diangkut ke benua Amerika. Bukan hanya rapper kulit hitam yang masuk Islam, rapper kulit putih dari Eropa juga ada yang masuk Islam. Lalu siapa saja rapper yang telah masuk islam itu, berikut sekilas profil mereka.


Akhenaton
Akhenaton merupakan rapper terkenal dari negara super mode, Prancis. Nama aslinya adalah Philippe Fragione, lahir 17 September 1968 di Marseille sebelah selatan Prancis. Kota ini dikenal sebagai pusat Islam di Prancis, sekitar 20% penduduknya memang beragama Islam. Selain sebagai rapper, Akhenaton juga dikenal sebagai produser musik Hip Hop. Akhenaton dikenal sebagai anggota grup musik IAM. Menariknya 4 dari 6 anggota grup IAM memilih nama Mesir kuno sebagai nama panggung mereka. Nama Akhenaton sendiri merupakan nama salah satu Firaun di zaman Mesir kuno. Salah satu album IAM adalah Saison 5 dirilis tahun 2007.
Busta Rhymes
Nama aslinya Trevor Tahiem Smith, Jr lahir di New York 20 Mei 1972. Busta Rhymes termasuk salah satu rapper terbaik di Amerika Serikat. Selama 15 tahun karirnya, Busta Rhymes sudah 11 kali di nominasikan meraih Grammy award sebuah penghargaan tertinggi di blantika musik Amerika. Selain itu Busta juga pernah 10 kali di nominasikan dalam MTV Video Musik award. Busta Rhymes diketahui masuk Islam lewat sebuah video yang di upload tanggal 2 September 2007 di Liveleak.com.
13256053651049864669
Everlast, rapper kulit putih
Everlast
Tidak banyak rapper berkulit putih, salah satunya adalah Everlast. Rapper kelahiran New York 18 Agustus 1969 ini bernama asli Erik Francis Schrody. Everlast melejit lewat hitsnya What it’s like dan merupakan anggota grup House of Pain yang pernah tenar lewat hitsnya Jump Arround tahun 1992, sebuah lagu yang masuk salah satu hits terbaik di masanya. Everlast meraih Grammy Award di tahun 2000 dalam kategori Best Rock Performance by a Duo or Group, ketika itu Everlast duet bersama Santana lewat hitsnya Put Your Light.
Ice Cube
Ice Cube merupakan rapper dan aktor film terkenal dari Amerika. Memulai karir di grup musik Hip Hop C.I.A kemudian bergabung bersama N.W.A sampai tahun 1989. Rapper dan aktor yang punya nama asli O’Shea Jackson ini dilahirkan di Los Angeles tanggal 15 Juni 1969. Ice Cube juga dikenal sebagai sutradara dan produser film dan musik. Saat diwawancarai oleh Koran Inggris Guardian, Ice Cube mendeklerasikan dirinya sebagai muslim. Ice Cube masuk Islam sekitar tahun 1990an. Album terakhir Ice Cube adalah I Am The West. Diantara film Ice Cube yang mengangkat namanya sebagai aktor hebat adalah Boys n the Hood, All About Benjamin, XXX: State of the Union dll.
Loon
Lahir sebagai Chauncey Lamont Hawkins 20 Juni 36 tahun silam di New York. Loon merupakan rapper Afro-Amerika. Album pertamanya yang dirilis tahun 2003 berjudul Loon disenangi pencinta musik di Amerika. Bersama grupnya Bad Boy berhasil menjual kumpulan hitsnya hingga menyentuh angka 7 juta copy. Perkenalannya dengan Islam membawanya menjadi pengikut Islam sekitra tahun 2000an. Setelah mendalami Islam, Loon memfokuskan perhatiannya di dunia dakwah dengan meninggalkan musik rap yang telah membesarkan namanya.
1325605565882252078
Loon
Mos Def
Aktor dan rapper kesohor dari Amerika Serikat ini lahir 38 tahun silam di Brooklyn. Nama lengkapnya Dante Terrel Smith. Sebagai penyanyi Mos Def 6 kali masuk nominasi Grammy Award, talenta yang lainnya sebagai aktor dengan membintangi beberapa film seperti The Italian Job, 16 Blocks, Next Day Air dll. Mos Def masuk Islam ketika berumur 19 tahun, nama Islamnya Yasiin Bey.
Selain nama-nama beken diatas masih ada beberapa rapper yang juga masuk islam diantaranya Snoop Dogg, seorang rapper dan aktor ternama di Amerika, lalu masih ada Mc Ren, Scarface, Vincenzo Luvineri rapper keturunan Italia dll. Fenomena munculnya rapper “Mekah” ini memang menarik untuk diketahui apa alasan mereka memilih Islam. Menjadi muslim tidak menjadikan karir musik atau keartisan mereka menurun, dan Islam merupakan agama yang terbuka bagi semua golongan termasuk bagi rapper.

0 komentar:

Posting Komentar